SEJARAH DESA

Rembul adalah desa di kecamatan Randudongkal, Pemalang, Jawa Tengah, Indonesia.

Desa Rembul terletak di Kecamatan Randudongkal, Kabupaten Pemalang, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia. desa Rembul memiliki luas wilayah 289,013 Ha yang berbatasan dengan sebelah utara Desa Kreo, Sebelah timur Desa Lodaya, sebelah selatan Desa Gembyang, dan Sebelah Barat berbatasan dengan Desa Cibuyur Kecamatan Warungpring.

Kondisi Geografis 1. Ketinggian 250 meter di atas permukaan laut. 2. Curah Hujan 2000 – 3000 mm. 3. Topografi : dataran Rendah 4. Suhu udara rata-rata 34 derajat celcius

Orbitasi a. Jarak dari pusat pemerintahan kecamatan 3 Km b. Jarak dari Ibu kota Kabupaten 30 Km

Dengan jumlah penduduk kurang lebih 3596 jiwa yang tersebar di 2 (dua) dusun dan 22 Rukun Warga. Desa Rembul memiliki potensi wilayah bidang pertanian. selain itu juga warga desa rembul memiliki potensi di bisang perdagangan karena di dusun Rembul Petapean terdapat sebuah pasar kecil untuk melakukan transaksi jual beli dan membeli kebutuhan warga sekitar. Selain mencukupi kebutuhan desa itu sendiri, pasar desa rembul juga dapat membantu dalam memenuhhi kebutuhan desa tetangga seperti desa Cibuyur dan desa Gembyang. potensi desa Rembul yang lain adalah anyaman bambu, warga desa rembul ada sebagian besar yang menjadi penggrajin anyaman bambu seperti Geribig, Kedo, Piti dan yang lainya. untuk pemasaran kerajinan itu sendiri juga bisa di pasarkan d pasar Petapean atau Randudongkal.

untuk akses kesehatan pada desa rembul juga cukup mudah karena di desa rembul terutama dusun Petapean terdapat sebuah Puskesmas pembantu dri Desa Kalimas, yang letaknya tepat di sebelah timur pasar petapean, walaupun puskesmas pembantu dan sangat kecil, tetapi dapat membantu dalam pengobatan dan menjaga kesehatan warga desa ataupun tetangga.

pendidikan di desa Rembul juga terbilang baik, dengan 3 SD, 1 Mts, 3 Madrasah dan TPQ dan 1 Pondok Pesantren. semua itu sudah bisa mencukupi pendidikan di desa Rembul, baik pendidikan sosial dan Agama.

Asal mula mengapa bernama desa Rembul adalah karena pada zaman dahulu orang orang di desa rembul sangan suka Gerumbul-gerumbul (berkumpul). dari Dusun Petapean akan bergerumbul ke dusun Krajan atau sebaliknya. dari kata Gerumbul itulah menjadi Rembul. untuk dusun petapean juga mempunyai sejarahnya, dahulu di sebuah pasar kecil ada banyak pedagang Tape di pasar itu, berasal dari pasar yang banyak penjual tape itulah di namakan dusun Petapean, selain untuk nama dusun juga di gunakan untuk nama pasar itu sendiri hingga sekarang.